Post Page Advertisement [Top]

Materi

Pemrograman Berorientasi Objek


Materi:
  • Pengenalan konsep PBO
  • Pengertian Objek
  • Inheritance
  • Enkapsulasi
Polimorfisme


Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) BUKAN merupakan bahasa pemrograman, tetapi merupakan sebuah paradigma (cara berpikir) baru dalam pembuatan sebuah program. ?PBO menitikberatkan pada identifikasi objek-objek yang terlibat dalam sebuah program dan bagaimana objek-objek tersebut berinteraksi.

Pada PBO, program yang dibangun akan dibagi-bagi menjadi objek-objek. ?Perlu diidentifikasi tentang:
Objek yang apa yang akan digunakan,
  • Data apa saja yang dibutuhkan oleh objek tersebut,
  • Bagaimana perilaku dari objek tersebut,
  • Bagaimana komunikasi objek satu dengan objek yang lainnya sehingga bisa memecahkan masalah yang diinginkan
Object
Merupakan abstraksi dari sesuatu yang mewakili sesuatu pada dunia nyata. ?Pada bahasa pemrograman, object adalah komponen yang diciptakan dari class (instance of class). Object merupakan entitas pada saat RUN TIME. Object memiliki siklus creation, manipulation, dan destruction. Satu class bisa menghasil banyak object.

Class
Class adalah sebuah prototype atau blueprint (rancangan) dari object. Sebuah class mendefinisikan state dan behavior yang dirancang. Kemudian dari class tersebut dapat dibuat instance atau object nya.

Inheritance
Inheritance adalah konsep di mana kita dapat membuat class baru sebagai turunan dari class yang sudah ada, kemudian kita dapat menambahkan fitur atau kemampuan lain (state atau behavior) di class turunannya.


Enkapsulasi
Merupakan proses untuk menutupi semua detail dari sebuah object yang tidak menyokong karakteristik khas dari object. Artinya, data property dan method-method dari object hasil abstraksi dibungkus oleh struktur class agar terlindungi.

Rincian implementasi internal suatu object dibuat tersembunyi sehingga tidak bisa diketahui dan diakses oleh object lain. Object lain hanya bisa berkomunikasi dengan object tersebut melalui antarmuka (interface) yang disediakan oleh object tersebut.

Misal pada class Car, data variabel current_gear dibuat private sehingga object lain tidak bisa mengakses variabel tersebut. Object lain hanya bisa menjalankan method changeGear(int gear) tanpa mengetahui posisi gear saat sebelum diganti.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]