Library pada Pemrograman Web PHP


Dalam perkembangan tekonologi website saat ini, seorang programmer / pengembang aplikasi web tidak perlu susah lagi untuk membuat , menampilkan atau menjalan fungsi tertentu dalam halaman web nya. Dengan menggunakan library PHP, semua bisa jadi lebih mudah.

Library adalah sekumpulan kelas dan fungsi yang dibuat untuk membantu pengembang aplikasi untuk dapat membangun aplikasi dengan lebih cepat dan lebih efisien. Pada umumnya saat kita membuat aplikasi web ada beberapa kelas yang hampir selalu digunakan, sehingga kelas-kelas tersebut dapat di atur supaya secara otomatis di-load oleh system dan dapat langsung digunakan.

Nah dengan kasus yang seperti itu maka PHP sebagai bahasa outsourcing memiliki banyak library yang bisa membantu mempercepat pengerjaan sebuah aplikasi dan sangat bermanfaat karena semua sistemnya itu sudah bisa di katakan sangat jadi dan tinggal pake saja tanpa pusing mikirin apa-apa, betul tidak ?, klo ane dalam pengerjaan aplikasi suka menggunakan pacakge yang bernama Sentinel untuk sistem login/register dan bahkan permission, dan itu terbukti mempercepat proses development,

Berikut ini adalah 6 library PHP yang paling banyak di digunakan dan sangat bermanfaat:

1. PHP Excel
Library yang berguna untuk proses export dan import data dari dan ke file excel.

2. Guzzle
Library yang berguna untuk Http request, jika sebuah feature membutuhkan request url atau API untuk mengambil sebuah data, maka Guzzle bisa sangat berguna dan penggunaanya sangat mudah.


3. PHPMailer
Library yang satu ini sering dipake menurut saya, karena hampir disemua aplikasi sudah mewajibkan untuk mengirimkan sebuah informasi dalam bentuk email, jadi untuk agan yang punya kebutuhan send data via email bisa menggunakan library ini.


4.Opauth

Library Opauth bisa digunakan untuk membantu programmer menjalan fungsi  login dari sosial media.


5. Whoops
Kegunaan dari library Whoops adalah untuk ngedebug error PHP gan, dan display error yang ditampilkan sangat detail dan memudahkan para developer untuk mencari errornya disebelah mana.


6.FastCache
Library untuk management cache sistem dalam PHP, cache bisa mempercepat proses dalam aplikasi khusunya dalam load page yang sama secara berualang-ulang.

Referensi:
https://idcloudhost.com/panduan/mengenal-library-helper-dan-mempercantik-url-codeigniter/
http://kun-learning.blogspot.com/2016/12/6-library-php-yang-paling-banyak.html

Comments